Maknyus-nya Jambu Sukun Merah

On 15/12/2012 by Sam Ragil

Kami membuka stand di Taman Rekreasi kota Malang pada tanggal 6 Desember 2012. Berikut laporannya dari MalangKota.go.id ….

Klojen, MC - Suka makan jambu, tidak ada salahnya kalau mengunjungi stand Pameran Puspa dan Satwa di Taman Rekreasi Kota Malang (Tarekot). Sebab di salah satu stand, dijual jambu sukun merah yang masih segar baru dipetik dari pohon, Kamis (6/12).

Masih segarnya buah, membuat saat digigit langsung berasa kress, segar di mulut bagaikan naik ke pegunungan. Manisnya jambu tidak hanya disukai oleh orang dewasa saja, anak-anak juga tak kalah suka dengan jambu sukun merah.

Tak heran meski pameran sudah dua hari berlangsung, jambu sukun merah yang dijual oleh Adi Kusumo warga Jl Mojorejo 64 Kota Batu itu tetap banyak diserbu pengunjung. Tidak hanya membeli jambu, para pengunjung nampak juga banyak yang membeli bibit.

Adi mengungkapkan, jambu sukun merah yang dijual di stan nya memang yang paling laris, sebab buahnya besar-besar dan masih segar. Untuk bisa mendapatkan jambu yang berkualitas seperti ini, pemilik Redjeki Hortikultura ini mengaku mendapatkannya dari kebun sendiri.

“Ada kurang lebih 1 hektar kebun jambu sukun di tempat saya, biasanya kalau tidak dijual di pameran seperti ini, banyak pembeli yang datang langsung ke kebun,” jelas Adi, Kamis (6/12).

Adi menyebutkan, khusus untuk jambu, memang merupakan usaha turunan dari sang kakek sejak 30 tahun lalu. Karena itu, meski saat ini harga jambu turun naik, jambu dari kebunnya tak pernah kehabisan pembeli, sebab sudah memiliki pasar tersendiri.

“Tidak hanya jambu sukun merah, kami juga banyak menanam jambu sukun putih. Terserah masyarakat mau beli yang mana, sebab dua-duanya memiliki citarasa sendiri,” terang Adi.

Seiring perkembangan waktu, Adi mengatakan, saat ini tempatnya sudah menjual berbagai bibit tanaman unggul, tidak hanya jambu. Tanaman buah itu diantaranya apulkat jumbo, klengkeng ping pong, sawo, jambu air, srikaya kuningSrikaya Kuning. Read more ... », blimbing hawai, durian, dan berbagai bibit buah impor, dan lain sebagainya.

Pengunjung pameran, Eni wijayanti mengaku senang bisa mendapatkan jambu sukun merah saat melihat pameran di Tarekot Kota Malang. Jambu sukun merah di pasaran memang cukup sulit mencarinya, karena itu meski harganya per kg mencapai Rp 12.000 tetap dibeli saja.

“Cocoknya, jambu sukun merah langsung dimakan, dagingnya tebal dan bijinya sedikit. Dibuat jus juga enak dan sehat, sebab jambu jenis ini konon bisa untuk mempercepat penyembuhan sakit demam berdarah,” tegas Eni.

Dengan isi jambu yang hanya sekitar 2 sampai 4 butir per kg, jambu sukun merah tergolong jambu yang berukuran besar. Habis satu biji saja, sudah cukup untuk mengganjal perut agar bebas kelaparan. (cah/dmb)

Incoming search terms:

jambu sukun merah (20), jambu sukun (17), jambu biji sukun merah (3), jambu biji jumbo (3), tabulampot jambu sukun merah (2), jual bibit jambu sukun merah (2), jambu sukun merah non biji (1), jual bibit buah impor tabulampot (1), jual bibit tabulampot blimbing di malang (1), jual jambu biji jumbo (1), jual jambu sukun merah (1), tempat jual bibit jambu biji di malang (1), jual tabulampot malang (1), Kebun buah durian di malang (1), kebun jambu biji malang (1), pasaran jambu biji sukun merah (1), perkembangan tabulampot (1), rasa jambu sukun merah (1), tabulampot jambu biji sukun merah (1), jual tabulampot di Batu (1), jambu sukun di solo (1), bibit jambu citra jumbo disolo (1), bibit jambu jumbo (1), budidaya jambu biji sukun (1), BUDIDAYA JAMBU MERAH SUKUN (1), budidaya jambu sukun (1), Cari info tanaman jambu sukun di malang (1), cari jambu sukun disolo (1), harga bibit jambu biji sukun (1), harga bibit jambu sukun (1), harga jambu biji di malang (1), hArga jambu biji sukun merah (1), harga jambu sukun (1), jambu biji besar merah jumbo sukun (1), jambu biji merah dimalang (1), jambu biji merah jumbo (1), jambu merah tabulampot (1), jambu merah Tanpa ibiji (1), yang jual jambu putih di solo (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda juga perlu baca yang berikut iniclose